PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN, PENILAIAN, DAN EKSTRA KURIKULER MELALUI BIMBINGAN TEKNIS PENGUATAN PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) DI 3 SEKOLAH DASAR RUJUKAN LPMP BANTEN TAHUN 2019

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN, PENILAIAN, DAN EKSTRA KURIKULER MELALUI BIMBINGAN TEKNIS PENGUATAN
PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) DI 3 SEKOLAH DASAR RUJUKAN LPMP BANTEN TAHUN 2019

Oleh: Nita Eka Priyatna,M.Pd
Widyaiswara Ahli Madya LPMP Banten
ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauhmana efektivitas pelaksanaan Bimbingan Teknis Penguatan Pembelajaran, Penilaian, dan Ekstrakurikuler sebagai
salah satu upaya memfasilitasi peningkatan kompetensi guru dalam pembelajaran, penilaian dan pengembangan ekstrakurikuler di Sekolah Dasar Rujukan LPMP
Banten tahun 2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian komparatif dengan menggunakan data hasil pre dan post test kegiatan Bimbingan Teknis Penguatan Pembelajaran, Penilaian dan Ektrakurikuler. Responden terdiri dari 51 orang dari 3 sekolah rujukan yaitu SD Islam Tirtayasa, SDN Serang 2, dan SDN Cipondoh 5. Analisis data dilakukan dengan mencari perbandingan dari hasil pre dan post test Bimtek Penguatan Penguatan Pembelajaran, Penilaian dan Ektrakurikuler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kompetensi guru dalam pembelajaran dan penilaian berpikir tingkat tinggi serta pengembangan ekstra kurikuler. Kompetensi guru dalam pembelajaran hasil capaian pre test 34,6% dan hasil capaian post test setelah bimtek menjadi 49,7%. Kompetensi guru dalam penilaian berpikir tingkat tinggi hasil capaian pre test sebesar 31,9% dan hasil capaian post test setelah bimtek menjadi 57,2%. Hasil capaian kompetensi guru dalam pengembangan ekstra kurikuler pre testsebesar 29,0% dan hasil capaian post test sebesar 48,1%. Berdasarkan akumulasi dari ke tiga capaian tersebut di atas diperoleh hasil berdasarkan rerata hasil pre test sebesar 38,1% dan rerata hasil post test 56,8%
yaitu terdapat peningkatan sebesar 18,6% dari hasil pre dan post test.

Kata kunci: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Pembelajaran, Penilaian, Ekstrakurikuler

Artikel lengkap Baca Disini

You May Also Like

Pin It on Pinterest