Pengalaman Pembelajaran Di Masa Pandemi Jenjang SD Kerjasama LPMP Provinsi Banten dengan Majelis Guru Besar Daerah Kuching Malaysia

Banten – LPMP Provinsi Banten mencoba untuk mulai berkolaborasi dengan negeri tetangga yaitu Malaysia tepatnya dengan salah satu negara bagiannya yaitu Serawak. En Hashim Bin Haji Seli sebagai Pengurus Guru Besar Daerah Kuching membagikan pengalamannya mengenai pembelajaran di Sekolah Kebangsaan di masa pandemi.
Kegiatan ini dikemas dalam bentuk seminar online pada tanggal 6 Oktober 2020 mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB dan diikuti oleh 1.035 orang melalui zoom dan live streaming youtube.
En Hashim bertutur bahwa “kondisi terkini adalah dikeluarkannya perintah kawalan pergerakan pemulihan dilanjutkan sehingga 31 Desember 2020. Sekolah di Malaysia telah dibuka mulai 15 Julai 2020 untuk tingkatan 6 sampai tahun 5 dan6. 22 Juli 2020 untuk tahun 1 hingga 4. Platform yang digunakan di sekolah Malaysia diantaranya Google Classroom, WA, Telegram, Google Form, Buku Teks Digital, Video Youtube, Buku Aktiviti, Kuiz , Delima ( Digital Educational Learning Initiative Malaysia) dan lain-lain”.
“Pengajaran dan pembelajaran tetap dilaksanakan sepanjang tempoh PKP disesuaikan mengikut kemampuan guru, ibu bapa dan murid masing-masing” ujar En Hasim.
Di penghujung sesi En Hasim mengucapkan “ Setinggi penghargaan dan terima kasih atas undangan oleh LPMP Banten untuk perkongsian ilmiah pendidikan ini. Kesudian dan penyertaan aktif dalam sesi. Harapan semoga anak-anak didik mendapat akses maksima kepada pendidikan untuk mencapai potensi diri. Mohon maaf atas sebarang kekurangan sepanjang perkongsian”
Sesi kedua dilanjutkan dengan berbagi pengalaman pembelajaran di masa pandemi oleh Wawat Tustiawati, S.Pd., M.M ( Kepala Sekolah SD Tangerang 14).
Diawal sesi dikatakan bahwa belajar memang tidak selalu mudah tapi ini saatnya kita berinovasi,bereksperimen, mendengar hati nurani dan belajar menjadi bangsa dan masyarakat yang lebih baik di masa depan.
Untuk materi seminar dapat diunduh melalui tautan http://bit.ly/MATERI-PJJ-DASAR
Semoga wabah ini segera berakhir, sehingga siswa dapat kembali belajar secara tatap muka.

You May Also Like

Pin It on Pinterest