STRATEGI PELAKSANAAN ASESMEN DIAGNOSTIK DI MASA PANDEMI COVID-19

STRATEGI PELAKSANAAN ASESMEN DIAGNOSTIK
DI MASA PANDEMI COVID-19

Wartoni, S.Pd.I.,M.Pd
tonilpmp@gmail.com

A. PENDAHULUAN
Pandemi covid-19 telah mendisrupsi hampir seluruh aktifitas kehidupan manusia tak terkecuali bidang pendidikan. Pendidikan di masa pandemi tidak lagi diartikan sebagai aktifitas belajar datang ke sekolah dan duduk dikelas melainkan belajar dimana saja dan kapan saja tanpa ada sekat ruang. Munculnya berbagai kebijakan seperti social distancing, stay at home dan learning at home menyebabkan berbagai aktifitas kehidupan terganggu yang termasuk didalamnnya adalah kegiatan belajar mengajar. Pandemi covid-19 telah mengganggu proses belajar mengajar sehingga kegiatan belajar mengajar tidak dapat berjalan normal. Pandemi covid-19 menutup hampir semua sekolah dan menciptakan gangguan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam pendidikan (Robin Lake, Lynn Olson, 2020). Social distancing telah menghadirkan berbagai aktifitas untuk dirumah termasuk belajar di rumah. Tantangan bagi para stakeholder pendidikan untuk membuat kebijakan yang mendukung belajar di rumah dengan segala keterbatasan dan hambatannya. Oleh karena itu, persiapan yang matang terkait dengan persiapan proses belajar mengajar saat pandemi haruslah memadai, jika tidak akan dapat mengganggu jalannya proses belajar mengajar. Namun demikian, adanya pandemi covid-19 membuat kita harus belajar untuk lebih responsif dan adaptif terhadap perubahan yang terjadi. Sikap adaptif terhadap perubahan menjadi salah satu yang harus dilakukan masyarakat untuk tetap bertahan di tengah-tengah pandemi tak terkecuali belajar di masa covid-19.

Artikel Lengkap klik disini

You May Also Like

Pin It on Pinterest