Artikel Bulan September: “PERANCANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS WEB(BLOG) SEBAGAI ALTERNATIF PELAKSANAAN KBM BAGI GURU DALAM SITUASI PANDEMI DI PROVINSI BANTEN”

PERANCANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS WEB(BLOG) SEBAGAI ALTERNATIF PELAKSANAAN KBM
BAGI GURU DALAM SITUASI PANDEMI DI PROVINSI BANTEN
Sri Murwati PTP Muda LPMP Banten, srimurwati12@gmail.com

ABSTRACT
This articel aims to describe and learn about how to design Blog for teaching and learning processes and use it as
an alternative of for teachers who can’t directly teach their children in the classroom because pandemic situation.
Teachers don’t always have an option to teach their children in the classroom. At a specific times, they can’t meet
their children or they have a task to do out of their classroom. In order to maximalize teaching and learning
processes, teachers must have an alternative strategic thus learning and teaching processes go on their classroom.
This article methode’s use literature study. Summary of this articel is using blog for teaching and learning
processes can been an alternative media for teachers who can’t directly teach their children and continuing
teaching and learning processes in pandemic situation. Teachers can design their blog for their teaching and
learning and evaluation.
Keywords: Blog, pandemic, design, teaching and learning, evaluation

ABSTRAK
Makalah ini menjelaskan dan mengkaji tentang bagaimana mendesain blog untuk kegiatan pembelajaran dan
menggunakannya sebagai alternatif pelaksanaan kegiatan belajar mengajar bagi guru yang tidak dapat secara
langsung bertatap muka dengan siswanya di kelas karena dalam situasi pandemi. Tidak selamanya guru dapat
hadir dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas. Pada waktu tertentu, ada kalanya guru tidak dapat
bertemu dengan siswanya di kelas. Agar dapat memaksimalkan proses kegiatan belajar dan mengajar, guru harus
mencari strategi alternatif sehingga proses kegiatan belajar dan mengajar tetap dapat berlangsung di kelasnya.
Metode yang digunakan dalam makalah ini adalah dengan menggunakan kajian pustaka. Kesimpulan dari makalah
ini adalah bahwa penggunaan blog untuk proses kegiatan belajar dan mengajar dapat menjadi media alternatif
bagi guru yang tidak dapat melakukan kegiatan pembelajaran langsung dan melanjutkan proses kegiatan
pembelajaran di masa pandemi. Guru dapat mendesain blognya untuk kegiatan belajar dan mengajar dan
melakukan evaluasi pembelajaran.
Keywords: Blog, pandemi, desain, kegiatan belajar mengajar, evaluasi

PENDAHULUAN

Latar Belakang
Pendidikan merupakan proses pemberdayaan yakni suatu usaha yang dapat
memberikan nilai-nilai yang luhur kepada generasi baru dalam masyarakat yang tidak bersifat
pemeliharaan tetapi juga dengan maksud untuk memajukan serta memperkembangkan
kebudayaan menuju ke arah keluhuran hidup manusia. Oleh karena itu, pendidikan dan
pengajaran yang ideal adalah yang dapat memerdekakan manusia secara lahiriah dan batiniah.
Menurut Pasal 2 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional disebutkan bahwa pendidikan nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Sedangkan pada pasal 3 menegaskan bahwa
pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak
serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,
bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman
dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,
mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

 

artikel lengkap klik disini

You May Also Like

Pin It on Pinterest