PENINGKATAN KEMAMPUAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH JENJANG SMA DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN GURU MELALUI BIMBINGAN TEKNIS BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

PENINGKATAN KEMAMPUAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH JENJANG SMA DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN GURU MELALUI BIMBINGAN TEKNIS BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

Oleh:
Lela Foni Sulistiyowati, M.Si*)
Widyaiswara Ahli Madya LPMP Banten
ABSTRAK

Era industri 4.0 menjadi salah satu faktor pendorong Kementerian Pendidikan dan kebudayaan menggulirkan kebijakan tentang peningkatan kompetensi pembelajaran guru dalam zonasi. Kebijakan ini mengarahkan guru untuk memiliki kemampuan dalam pembelajaran dan penilaian berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill = HOTS). Salah satu tugas kepala sekolah adalah melaksanakan supervisi akademik dalam pembelajaran,
oleh karena itu kepala sekolah perlu mendapat pemahaman tentang pembelajaran dan penilaian HOTS dan pemahaman tentang bagaimana cara melakukan supervisi yang baik. Oleh karena itu perlu dilakukan bimbingan teknis untuk meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik yang diramu dalam kegiatan yang mengarahkan kepala sekolah pada keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Artikel Lengkap Klik  Disini

You May Also Like

Pin It on Pinterest