KETERAMPILAN MERANCANG PRESENTASI YANG EFEKTIF

KETERAMPILAN MERANCANG PRESENTASI YANG EFEKTIF

Oleh
Hj. Nita Eka Priyatna, M. Pd

 

ABSTRAK

 

Pelatih atau instruktur mempunyai tugas yang sangat strategis untuk bisa melakukan presentasi sesuai dengan karakter audiens. Audiens kita mempunyai karakter yang berbeda-beda dan unik, dengan demikian perlu pendekatan khusus untuk memberikan layanan prima bagi para audiens. Kepuasan audiens merupakan target utama kita untuk memberikan pelatihan atau layanan fasilitasi. Salah satu bentuk upaya memberikan layanan prima adalah dengan menyajikan keterampilan presentasi yang efektif sesuai dengan kebutuhan audiens.

 

Dengan demikian sebagai seorang pelatih atau instruktur berkewajiban meningkatkan keterampilan menyajikan presentasi yang efektif. Berbicara tentang presentasi yang efektif ada  tiga hal penting yang perlu mendapat perhatian yaitu mengelola bahan presentasi, mengelola audiens, dan menyampaikan presentasi. Mengelola bahan presentasi dengan menggunakan tampilan yang menarik akan sangat membantu dalam  berkomunikasi dengan audiens. Menyampaikan presentasi berkaitan dengan the golden rule dalam presentasi, , berbicara lancar dan spontan, strategi penyampaian dengan menggunakan teknik PREP, isi struktur presentasi (opening, body, closing), berbicara fokus dengan menggunakan 3 bagian utama (main part), analisis audiens dan teknik memberikan respons kepada audiens.

 

Kesuksesan suatu presentasi merupakan target utama yang harus dicapai oleh semua pelatih atau instruktur, sehingga perlu adanya keterampilan yang dilatihkan bukan sekedar otodidak untuk menjadi presenter yang handal. Membuat audiens memahami dan mengimplementasikan semua isi materi yang disampaikan adalah suatu tantangan bagi seorang pelatih atau instruktur.

 

 

Kata kunci:

 

Keterampilan presentasi yang efektif, struktur presentasi (opening, body, closing),  teknik PREP.

Artikel Selengkapnya

You May Also Like

Pin It on Pinterest