PAKEM dalam Implementasi Kurikulum 2013

Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dalam Implementasi Kurikulum 2013
Oleh
Hj. Nita Eka Priyatna, M. Pd

ABSTRAK
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Eektif, dan Menyenangkan yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran apakah sejalan dengan implementasi kurikulum 2013? Didalamnya akan dikaji pula mengenai berbagai aspek yang mendukung peserta didik belajar aktif, efektif, kreatif, dan menyenangkan berdasarkan pendekatan saintifik (siswa bisa mengamati, menanya, menalar, mencoba, mengkomunikasikan), pembelajaran tematik terpadu (pola pikir pembelajaran yang tidak berbasis mata pelajaran tetapi lebih merujuk kepada kompetensi inti yang bebas mata pelajaran) , dan penilaian otentik sebagai ciri dari kurikulum 2013.
Dalam pembelajaran di SD berdasarkan pola pikir kurikulum 2013 menghendaki pembelajaran yang disusun secara seimbang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pada buku guru dan buku siswa terdapat perbedaan signifikan dengan kurikulum sebelumnya. Semua materi dan langkah pembelajaran ditujukan pada aktivitas siswa/siswa aktif, hal inipun selaras dengan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM).

Kata kunci: PAKEM, kurikulum 2013, pendekatan saintifik, pembelajaran tematik terpadu, penilaian otentik, kompetensi inti, kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan.

Artikel Selengkapnya

Pin It on Pinterest