Siswa Teknik Elektronika SMKN 1 Malingping Pamer “Mobil Robot”

Siswa Teknik Elektronika SMKN 1 Malingping Pamer “Mobil Robot”

Siswa Jurusan Teknik Elektronika Industri SMKN 1 Malingping pamer beberapa Robot Canggih pada event Festival Marching Band dan Drum Band Se-Lebak Selatan Sabtu (10/11/18). Pada pameran kali ini Jurusan Teknik Elektronika Industri memamerkan tiga robot canggih diantaranya, Robot Mobile, Robot Conveyor serta Kendali Lampu Jarak Jauh, robot tersebut menggunakan setting teknologi masa kini yang di kendalikan dengan Android.

Aplikasi micro Control merupakan alat yang digunakan untuk Robot Mobile rekayasa pemadam api, yang di kendalikan melalui android, keunggulan dari robot ini di lengkapi sensor api yang memungkinkan mendeteksi keberadaan sumber api.

Sedangkan PLC (programable Lojik Control) digunakan untuk setting Robot Conveyor simulasi dari mesin ukuran besar pabrik alat yang peralatan yang di suport oleh bantuan provinsi tersebut dapat di maksimalkan dengan baik.

Untuk Kendali Lampu jarak jauh, merupakan prduk unggulan dari beberapa robot sebelumnya, keunggulan dari kendali lampu jarak jauh adalah manusia dapat mengendalikan lampu dengan Android dari jarak puluhan kilo meter sehingga untuk menyalakan dan memadamkan lampu di rumah cukup dengan tombol dari android.

Sahrudin selaku kepala Tim rekayasa robot yang duduk di kelas XII mengungkapkan bahwa karya yang di pamerkan kali ini merupakan hasil belajar Jurusan Elektronika Industri. “Kami bekerja keras setiap hari demi terciptanya sebuah karya luar biasa” ucapnya.

Sementara itu Kepala Jurusan Elektronika Industri Ari Hardiansyah mengungkapkan, meski terkendala alat tapi harus bisa memanfaatkan dan mengoptimalkan peralatan yang ada, Pengerjaan 1 Robot bisa memakan waktu 2 Minggu hingga 4 Minggu, “ya kami anggap ini tantangan dan harapannya kedepannya bisa ada suplay alat dari pemerintah lebih lengkap” tuturnya.

Sumber: http://www.tintamerdeka.co.id/2018/11/10/siswa-teknik-elektronika-smkn-1-malingping-pamer-mobil-robot/

You May Also Like

Pin It on Pinterest